Jumat, Januari 16, 2015

Exhaust Wrapping

Muffler alias knalpot merupakan salah satu organ tubuh sepeda motor yang penting namun sering diabaikan.
Setelah melihat berbagai referensi, akhirnya saya beli muffler wrap. Kemudahan jaman sekarang ini sungguh membuat makhluk bernama manusia harusnya malu bila terlalu sering mengeluh. Internet. Dengan adanya internet dan kekuatan modem yang koneksinya alakadar, saya mencari info ‘dari berbagai sumber’ [padahal dari internet doang] …. tentang how to install exhaust wrap, kalau di internet lebih mudah cari dengan kata kunci exhaust wrap. Setelah download 3 file dari youtube dan selembar file text edit dari sebuah forum,…saya memberanikan diri memasang pita itu.

Fungsi dari exhaust wrap selain ‘biar beda’,… juga melindungi leher knalpot dari kotoran, dan bahkan karat. Awalnya sih saya risih dengan pemberitaan razia knalpot yang dianggap melanggar, padahal belum ada hukum dan barometer batas dB nya. Ya ada, barometernya rasa…dan rasa itu beda-beda. Tapi ya itulah penguasa kita. Saya ngga akan membahas itu disini. Fungsi selain ‘gaya’ dan perlindungan, ternyata konon bisa menambah efisiensi kerja mesin hingga penggunaan bahan bakar. Saya membeli pita exhaust wrap ini dari seorang penjual online, saya cari yang lokasinya di Jogja karena saya sedang di lokasi kota itu…biar bisa COD an. Walau nyatanya saya yang mendatangi tokonya, biar puas.

Saya mengganti knalpot lama saya yang suaranya cukup kencang bila gas diputar dalam, entah berapa RPM karena saya ga ada alat RPM itu,… namun halus ngebass jika gas tidak diputar dalam. Merknya DOMINATION,… dengan desain dan font yang cukup ‘metal’ maka saya dulu beli knalpot itu, karena knalpot aslinya rusak sudah. Dan mencari knalpot ori Bajaj Pulsar tidaklah mudah. Kenapa pilih Bajaj Pulsar sih Oy? … ntar ceritanya di bab lain ya? … 

Sesuai petunjuk dari ‘berbagai sumber’ tadi, saya beli sarung tangan orange dari karet berukuran L,… seharga ±Rp16,000 disebuah toko swalayan dekat rumah, setelah pulang dan buka tas kresek exhaust wrap, baru lihat ternyata oleh penjualnya sudah disediakan sarung tangan plastik, ealah… makanya baca manual book baru pegang alat. Kebiasaan. Selain itu penjual ini juga menyediakan print out how to masangnya,… mudah dimengerti,… dan lalu atas nama kenyamanan saya pilih pakai sarung tangan orange yang saya beli, karena penjualnya sendiri pakai sarung tangan orange jenis itu saat memotong pita yang saya beli. O iya, saya beli 8 meter pita. 




Langkah pertama adalah mencopot knalpot baru saya,… knalpot DOMINATION sudah saya ganti dengan NOB1 yang DUAL SOUND SYSTEM




Dan dengan leher knalpot baru ini berharap lolos dari tilangan knalpot walau bentuknya terlihat masih sport. Kalau di video dari youtube sih idealnya dikerjakan dua orang, ada juga yang satu orang tapi pakai alat penjepit untuk memegang si knalpot,… saya satu orang dan tanpa alat penjepit. Tuhan memberi saya sifat keras kepala, maka itu saya kerjakan sendiri dengan alat alakadarnya,… mirip koneksi internet dari modem saya tadi. Setelah copot knalpot, leher knalpot saya brasso dulu agar bakal karat hilang bersih dan kinclong,… saya diamkan satu malam, tidak saya ajak bicara… 








esoknya saya semprot dengan cat PYLOX yang konon tahan panas,… sampai pada tahap ini tidak menemui kesulitan sama sekali. Setelah menghabiskan sekaleng PYLOX seharga Rp23,000 untuk satu knalpot, saya diamkan lagi, bahkan saya jemur dibawah terik matahari. Ya biar kering lah… 













Ga lama kemudian  coba saya aplikasikan pita warna putih yang sudah saya rendam tadi malam. Konon pita itu dari fiber yang tahan panas, dan bulu-bulunya bisa mengakibatkan gatal saat menyentuh kulit manusia, itulah fungsi sarung tangan…biar ga gatal. 

Instruksi dari penjual dan referensi yang sudah menancap di ingatan saya saat itu saya keluarkan, menarik sekuat mungkin, sisakan sepertiga lilitan sebelumnya. Baiklah. Ternyata memang idealnya dua orang, atau satu orang dengan alat penjepit, si knalpot tidak ada yang menahan saat pita ditarik kuat. Tapi ini tantangan! … Di sebuah garasi yang tak terlalu luas, tanpa AC dan kipas angin. Sendirian berjibaku dengan pita putih dan knalpot yang lehernya sudah berwarna hitam. Backsound dari iPod Classic 80GB menyenandungkan lagu dari JUPRI [Judas Priest] … yang vokalisnya erhmm,.. yah begitulah… tapi sa suka musiknya. 

Lilitan sudah hampir habis, tapi leher knalpot masih tersisa, ini kopet berepet….gemes rasanya…energi sudah hampir habis tapi terpaksa mengulangi lagi. Saya juga heran, kok knalpot segini saja bisa habis 8 meter pita? … 





Yaudah, ngulang lagi, pita digulung lagi. Tangan mulai keringetan didalam sarung tangan karet, kopi sudah tinggal setengah cangkir. Sruput sejenak lalu lanjut lagi,… jujur saja saat keberhasilan itu adalah lilitan ketiga [total] …. jadi pada lilitan kedua saya gagal lagi, itu knalpot masih ada bagian yang belum terlilit…nah pada action lilitan ketigalah saya berhasil… Saking gemesnya saya copot sarung tangan karet orange itu,…saya melupakan efek samping dari pita fiber tadi. Gatal mulai terasa. Tangan dan paha, saya pakai celana pendek….dan ini sebuah kesalahan ternyata.










Knalpot sudah terlilit rapi. Tapi belum terpasang pada motor.

Baru satu bulan saya terbebas dari gatalnya kutu babi yang saya bawa dari Papua, dan kini sudah harus merasakan nikmatnya gatal karena fiber. Sudahlah tahan dulu,… playlist berubah ke SEPULTOKUR [sepultura] …dengerin best of saja biar denger yg apik-apik. Lalu memasang knalpot yang sudah terlilit pita putih,… warna putih memang warna yang rentan kotor. Sebelum memutuskan beli warna ini, kemarin di bengkel yang lokasinya di barat Amplaz, ditawarin warna ungu cerah. Ya, ungu cerah,… jelas saya tolak. Biar saya pakai warna putih ini, biar saja kotor, biar ada record perjalanan yang tetap menempel pada leher knalpot motor saya… 





Setelah knalpot terpasang, hmmm…secara penampilan memang berubah sih, lebih bagaimana gitu, ada sentuhan tangannya. Saya suka! … mesin dinyalakan dan keluarlah asap dari knalpot, menurut referensi itu normal. Yasudah,…





Besoknya, saya coba berkeliling dengan motor yang knalpotnya berbalut exhaust wrap ini,… ujung muffler masih menggunakan dB booster, jadi suaranya meledak jika putaran gas pada posisi dalam. Power memang berasa berubah walau saya tak bisa memastikan secara matematis berapa perubahannya. Saya masih mempertahankan dB booster pada ujung knalpot tadi, masyarakat di kampung ini tak terganggu dengan suara knalpot saya. Ya jelas, karena nyetir saya pelan-pelan jika masuk kampung. 

Bosan, saya coba ganti ujung muffler dengan dB killer, sebuah aplikasi hardware dari knalpot baru yang cukup mengasyikkan. Setelah saya pasang, suara knalpot berubah total. Lebih ngebass dan merdu laiknya motor mayoritas yang mainstream, tak apalah, saya ingin rasakan powernya. Saya coba gunakan untuk berkeliling, ke kantor dan pulang. Jarak yang ditempuh sekitar 28km … dengan jarak sejauh itu saya bisa merasakan perubahan power pada motor saya, lagi-lagi saya tak bisa menunjukkan data matematis perubahannya. Namun saya lebih nyaman setelah memasang exhaust wrap ini.



Sudah seminggu lebih exhaust wrap terpasang,…kotoran sudah menempel di pita yang melilit leher knalpot… rasa gatal sudah hilang… Namun masih ada lagi yang ingin dirubah dari tunggangan kuda besi saya.

8 komentar:

Circle mengatakan...

Salam gatal gatal braders...hehehehee...

Agateindo mengatakan...

Salam gatal , ahahaha, gak ilamg ilang.

Unknown mengatakan...

Ahahaha... iyaaa,... 3 hari aja gitu.

Unknown mengatakan...

Ada yg tau cara ilangin gatalnya ga? Parahhh gabisa tidur nih

Unknown mengatakan...

Rasa gatal itu coba dicuci dengan air sabun berkali-kali,... hingga hilang rasa gatalnya.

Unknown mengatakan...

Asap ngebul di leheran knalpot normal hilang berapa hari pemakaian??

Unknown mengatakan...

Sudah pernah d lepas pak exhaust wrap nya?

Unknown mengatakan...

Belum pernah pak Waskito,... ada kemungkinan leher knalpot kropos,... tapi saya biasakan memanaskan knalpot sehabis dia basah,...

Popular Posts

Download

About

Sebagai kumpulan rekaman dari isi kepala saya yang ingin saya bagikan pada kawan, sahabat, calon kawan, calon sahabat,... bahkan lawan yang sedang mengintili bila mungkin ada. Silakan,...

Halaman

Banner Ad