Selasa, September 30, 2014

AJAKAN MEMAJANG KARYA FOTO

Hari ini cukup menyenangkan, datang sebuah tawaran untuk memajang hasil foto di sebuah seminar yang rencananya akan dikunjungi RI1.






Dan kemudian jari jemari saya sibuk menyeleksi foto dari sekian hardisk yang belum rapi filingnya,... ada empat frame yang akhirnya kuemail. Tidak berharap apapun kecuali empat frame itu bisa mempengaruhi tindakan para tamu yang melihat foto itu... ada satu paragraf cerita yang kusertakan dibalik foto itu tentunya.

Berikut adalah foto beserta cerita dibalik frame itu,...


KOMODO KAYU 

​CERITA DIBALIK FRAME
Seorang pengrajin patung pahatan Komodo di Kampung Komodo. Menurut mereka yang setiap harinya bisa bertemu dengan hewan langka itu, pahatan mereka berbeda dengan yang diproduksi di daerah lain ( mereka menyebut Bali ) bentuk anatomi dan detail yang mereka hasilkan patut diacungi jempol walaupun mereka bukan lulusan sekolah seni patung.
Souvenir khas ini bakal segera mati bila perhatian pemerintah tidak merata.​



ENERGI DI ASMAT

​CERITA DIBALIK FRAME
​Pembangkit energi di Asmat yang menghidupi warga disana, kondisi keberadaan listrik yang hanya tersedia menjelang terbenamnya matahari dan menjelang munculnya matahari membuat warga semakin ketergantungan akan energi ini. Sementara globalisasi dan produk elektronik tak bisa dibendung untuk mereka disana. Produk elektronik yang memerlukan pengisian ulang yang jelas-jelas memerlukan listrik. Salah satu aset vital negara yang belum sesuai dengan Pancasila sila ke lima.



SANDAR DIMANA?


​CERITA DIBALIK FRAME
Pertumbuhan ekonomi yang belum sebanding dengan infrastruktur daerah menghasilkan ketimpangan​, pemberdayaan masyarakat lokal sungguh diperlukan, demikian juga dengan pendekatan budaya. Dermaga-dermaga semen telah memasuki Asmat, sementara nelayan lokal tak bisa menyandarkan perahu kecilnya disana.



OTW

​CERITA DIBALIK FRAME
VOC memberikan kita banyak pelajaran, salah satunya adalah pembangunan infrastruktur jalan. Untuk di Jawa selatan ada sebuah jalan Daendels yang hingga sekarang belum optimal betul penggunaannya. Sementara kita mengetahui bahwa sebelum membesarkan industrinya, persiapkan dulu jalannya. Foto ini diambil di lokasi antara Merauke - Boven Digoel di akhir tahun 2012​, terbayang betapa sulit untuk mengantar barang pesanan disana. Tepat waktu? entahlah...





Demikian,...tak perlu membahas teknis disini, silakan memaknai pembangunan negeri ini melalui fakta yang terekam dalam sebuah foto. Terimakasih.




Tidak ada komentar:

Popular Posts

Download

About

Sebagai kumpulan rekaman dari isi kepala saya yang ingin saya bagikan pada kawan, sahabat, calon kawan, calon sahabat,... bahkan lawan yang sedang mengintili bila mungkin ada. Silakan,...

Halaman

Banner Ad